Minggu, 27 September 2015

TIPS TIPS MASUK SANUR (ala Anchi)

yaaakk, lanjutan dari post Ada yang bikin anchi jadi cinta sanur (2) post ini juga masih merupakan tugas TIK yang dimulai dari post ANCHI KEMBALII

jadi sesuai janji gue kemaren, gue bakal ngasi tips-tips masuk sanur...

nah jadi kalo jaman gue masuk sanur, ada Psycho-test, ada tes pelajaran dan tes wawancara...

pas lagi psycho-test, saran gue 

keep calm
jadi menurut pengalaman gue dan teman-teman gue (yang smp nya bukan di sanur).... kebanyakan yang keterima di sanur justru yang bukan tipe pengenbanget masuk sanur, justru kebanyakan yang keterima karna disuruh ataupun karna iseng-iseng

keep smile
ketika lo senyum, bukan berarti si pengawas tesnya bakal lulusin lo begitu aja.... tapi ketika lo senyum, ada aura yang enak jadi lu juga enjoy pas ngerjain psycho-test nya...
karna ketika lo bete, pasti lo jadi males ngerjain psycho-test dan berakhir dengan hasil tes psikologi lo yang jelek (inget kalo psikotest itu ngecek kejiwaan)


nah berikutnya adalah tes pelajaran...






gue sih sejujurnya gak ngerti kenapa gue bisa keterima di sanur sedangkan tes pelajarannya aja gue gak bisa samasekali...

jadi pas jaman gue (lagi) cuma ada tiga tes : Matematika, Bahasa Indonesia , Bahasa Inggris

mungkin kalo lo kelas 9 sekarang , lo akan dapetnya tes pelajaran buat penjurusan karena kurikulum 2013..

gue gabisa saranin banyak di tes pelajaran ini karna gue juga ga sejago itu di pelajaran...

jadi buat kalian yang mau masuk SMA Sanur, coba liat dulu ada psikotes dan tes wawancaranya gak di tahap 1, kalo cuman ada tes pelajaran... it means you must study hard
cuman kalo ada psikotes dan tes wawancara di tahap 1, kemungkinan besar pelajaran buat nentuin jurusan lo

sebenernya gak jauh beda sih, karna ini kurikulum 2013, jadi lo harus belajar entah gimanapun caranya... karna kalo lo nggak belajar, pilihannya antara lo masuk sanur tapi gak masuk jurusan yang diinginkan, atau lo nggak masuk sanur sama sekali, unless you are super genius girl ;) (yang gue denger ada les khusus masuk sanur, mungkin itu bisa berguna :D <- gue sih males #ciyus)


nah yang ketiga adalah tes wawancara, gue gatau apakah pas kalian mau masuk sanur, ada tes ini atau enggak... 
gue cuma saranin kalian buat jujur apa adanya, gue ga pernah tau sistem penilaian sanur gimana, tapi kalo lo yang ngewawancara orang lain... lo pasti bakal tau orang itu boong atau enggak , apalagi guru-guru yang udah berpengalaman ngewawancarain ber-ratus bahkan ribu anak?

banyak temen-temen gue yang bahkan latihan untuk wawancara, latihan kalau ditanya kenapa mau masuk sanur dan sebagainya... menurut gue, itu gak perlu... karna ketika lo masuk ke ruangan, bisa aja lo lupa semuanya....

motto gue adalah 

"kalo gue emang diterima masuk sini ya silahkan... inilah gue
 kalo gue gak diterima, yasudahlah...." 

banyak juga rumor kalo mau masuk sanur itu harus misdinar atau dulunya pengurus OSIS , gue merasa ini sama sekali nggak bener... meskipun poin keaktifan emang ada  <- berdasarkan lembaran kegiatan kita apa aja, menurut gue sih ini juga bisa jadi dijadiin bahan pertimbangan....

gue ga nyaranin kalian ikut misdinar ataupun jadi pengurus osis HANYA DEMI MASUK SANUR
karna banyak juga yang udah misdinar, bahkan sekaligus pengurus osis pun nggak diterima.. 
jadi menurut gue, kalo lu emang aktif ya silahkan ikut organisasi atau kegiatan, tapi jangan hanya karna sanur.... gak baik juga buat kegiatan dan hatimu,dek :''')

nah gue mau cerita tes wawancara gue....

tes wawancara gue beda banget sama yang lain, why?
karna di tes gue bahkan lebih berasa tes mau masuk pengurus OSIS -_-

jadi kalo temen temen yang lain dapet pertanyaan kenapa mau masuk sanur, dan seputar itu...

gue cuma di awal ditanya kenapa mau masuk sanur dan gue jawab karna gue mau lebih disiplin lagi (gue emang suka kedisiplinan dulu)

and the rest of the questions is about...... CASE!
yap! kasus!

gue dikasi contoh kasus gitu.. "kalo kamu jadi ketua projek kegiatan A, dan itu waktunya mepet setelah UT... tapi udah ada waktu 3 bulan nih, apa yang bakal kamu lakuin?"

hahaha pertanyaan random semacam itu deh yang gue dapet.... but sekali lagi pesan gua jangan pelajarin wawancara yaa... karna ketika lo ngomong dan lo ngafal itu keliatan banget bedanya

sebenernya dari semua tips gue, gue bakal ngerangkum jadi tiga kata

jadilah diri sendiri

karna ketika lo memakai topeng hanya untuk masuk sanur, mau gamau lo harus pake topeng itu terus kalo lo keterima di sanur...  dan guru-guru juga mempertimbangkan lo bisa gak di sanur (atau malah jadi kayak gue, terseret seret di pelajaran sanur? )

btw gue mau menekankan gue bikin post ini bukan karna gue tau kisi-kisi yang diterima di sanur... ini semua menurut pengalaman gue serta teman-teman gue...
gue juga ga bermaksud untuk menyindir siapapun yang gak keterima di sanur , ini hanya sebagai tips aja buat adek adek yang mau nyoba untuk tes di SMA Santa Ursula

akhir kata, 
goodluck ya dek :D


buat temen-temen yang ada di Sanur, boleh share dong 
apa pertanyaan ter-random atau yang paling memorable ketika tes wawancara?


tulis di bawah sini yaa 
v    v    v

6 komentar:

Edot Herjunot mengatakan...

Tipsnya gawl banget buat yang lagi browsing 'tips masuk sanur'

langsung dari orang dalemnya inimah~

Staysya Dinka mengatakan...

HAHAHAHAHAH bole banget nih artikelnya (duh bukannya gue belajar buat mid besok)
hmmm... pertanyaan ter-random apaan ye.


adanya suruhan random:

"coba kamu public speaking, ceritanya saya audiencenya" HAHAHAH

Anonim mengatakan...

"menurut kamu saya guru apa?"

Unknown mengatakan...

gue bahkan ditanyain "Kamu punya adek? Kondisi keluarga kamu kaya apa, jelaskan."

Yuki mengatakan...

Halo Kak! Makasih banget ya kak, atas informasi-informasi sama tips nya:)) Aku sekarang masih kelas 9 dan aku pengen masuk SMA Sanur... Makanya aku terbantu banget sama blog kakak:)))

try out online un sma jakarta mengatakan...

terimakasih untuk artikelnya.
salam,
try out online un sma jakarta